Prajurit TNI Tak Segan Gendong Warga Saat Evakuasi Banjir

Sosial193 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Demak – Akibat intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami banjir. Dengan adanya banjir mengakibatkan sejumlah penduduk harus segera diberi bantuan karena terisolasi di kepung banjir.

Bencana banjir melanda Kecamatan Sayung sejak 4 hari lalu setelah hujan deras terus mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Demak sejak satu bulan terakhir ini serta meningkatnya debit air Rob yang datang dari laut, Sabtu 17/02/2018.

Oleh sebab tingginya intensitas curah hujan tersebut tak ayal menyebabkan sungai Sayung yang mengalir ke Desa Sayung meluap. Mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir setiggi 50 cm hingga 1 Meter.

Mengetahui adanya banjir, Segenap anggota Koramil Sayung dan  Kodim Demak bahu membahu bersama Polsek Sayung, Aparat Kecamatan Sayung dan BPBD Kabupaten Demak maupun para relawan melakukan evakuasi para korban banjir.

Evakuasi yang dilaksanakan mengutamakan balita dan ibunya serta para kaum manula, dengan pertimbangan kesehatan yang rentan terganggu baik oleh karena tidak tersedianya air bersih maupun kondisi hujan yang masih terus mengguyur wilayah Kabupaten Demak

Disela-sela kegiatan kemanusiaan itu kepada warga Sayung yang terkena banjir, salah seorang Babinsa yang bernama Serda Nurhasim menuturkan bahwa TNI siap membantu masyarakat kapan pun dan di mana pun karena salah satu kewajiban TNI adalah membantu kesulitan rakyat. Sebuah ungkapan tulus dan polos saat membantu rakyat dalam menanggulangi kesulitan rakyatnya.

Tindakan tersebut patut diaprisiasi bersama agar aksi kemanusiaan seperti ini perlu terus ditumbuh kembangkan untuk meningkatkan sensitifitas dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. (J02 /A01)

Komentar