Petani Ngemplak Manfaatkan Air Embung untuk MT I

Pertanian167 Dilihat

Undaan,- Menyusul kegiatan tanam serentak MT I tahun 2018/2019 yang dimotori oleh Camat Undaan Rinardi Budiyanto, Kadispertanpangan Kudus Catur Sulistiyanto S.Sos MM dan para Kepala Desa, petani desa Ngemplak Kecamatan Undaan melakukan tanam lebih awal dari sebelumnya. Sebab biasanya melakukan tanam MT I bulan November.

A

SEMANGAT. Para petani di sekitar embung Ngemplak menyambut gembira turunnya hujan pada dua hari terakhir dengan langsung menanam lebih awal.

hmad Marzuki, PPL Desa Ngemplak, mengungkapkan bahwa tanam lebih awal ini memanfaatkan air dari embung setelah hujan deras dua hari terakhir. Sebab debit air dari waduk Kedungombo masih sedikit yang sampai ke desa Ngemplak.
“ Jadi yang melakukan proses tanam lebih awal dari biasanya ini daerah blok Srigono, Kaiman dan Palwadak. Karena lokasinya mudah mendapatkan aliran air dari embung ,” ujar Ahmad Marzuki, Kamis (18/10).
Terkait dengan ancaman hama, Marzuki menjelaskan hampir mirip dengan kawasan desa Kutuk. Yaitu hama tikus. Bahkan Ngemplak dikenal sebagai daerah endemik tikus.

Abu Bakar, pengurus poktan desa Ngemplak menambahkan bahwa turunnya musim hujan selalu diiringi dengan kemunculan tikus.
“ Karena itu kami berharap pada Pemkab Kudus melalui Dinas Pertanian, kalau bisa memberikan bantuan anggaran untuk pengesengan mengelilingi sawah. Sehingga tikus tidak bisa masuk ke sawah. Jadi seng-nya untuk menangkal tikus ,” harap Abu Bakar. (*)

Komentar