Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera pada Upacara 17 Agustus Di Kabupaten Kudus

Event, Pelajar579 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Setelah melalui seleksi ketat dari 178 pelajar, kemudian menjadi 100 dan akhirnya terpilih 64 pelajar yang berasal dari 33 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Dengan melalui pembinaan dan latihan secara maximal, Rabu 15/08/2018 sore, Puluhan pelajar yang terpilih sebagai anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) dikukuhkan keberadaannya di halaman Pendapa Kabupaten Kudus.

Mereka akan menjalankan tugas pada upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang di Simpangtujuh Kudus.

Acara pengukuhan dilakukan Plh Bupati Kudus, Sam’ani Intakoris. Terlihat pula WaKapolres Kudus Kompol M Ridwan, Dandim 0722 Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo dan sejumlah perwakilan SKPD lainnya. Sejumlah pejabat terkait serta para orang tua siswa yang tergabung dalam Paskibraka juga ikut diundang dalam acara pengukuhan tersebut.

Pengukuhan Paskibra Kabupaten Kudus 2018 oleh Plh Bupati Kudus (Foto : Aik)

Sam’ani dalam kesempatan itu mengatakan, menjadi anggota paskibra merupakan kebanggan tersendiri buat para pelajar. Sebab, mereka dipilih berdasarkan seleksi dari sekolah di seluruh kabupaten.

”Tidak semua pelajar bisa jadi anggota Paskibra. Mereka yang masuk jadi Paskibra ini sudah pilihan. Adapun tugas mereka juga isimewa karena bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan RI. Oleh sebab itu, laksanakan tugas sebaik mungkin,” ujarnya.

Sam’ani Intakoris, Dandim Kudus dan Wakapolres Kudus memberi ucapan selamat kepada Paskibra 2018 (Foto : Aik)

Jumlah anggota Paskibra ada 64 orang yang berasal dari sekolah tingkatan SMA yang tersebar di beberapa kecamatan. Mereka yang terpilih ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa bulan lalu. Sebelum dikukuhkan, para pelajar ini sudah digembleng latihan keras sekitar satu bulan lamanya.

Pembina Paskibra pada tahun ini tidak hanya berasal dari Kodim namun juga berasal dari beragam instansi. Yakni, dari Disdikpora Kudus dan Polres Kudus. Selain itu, sejumlah mantan anggota paskibraka tahun sebelumnya yang tergabung dalam PPI juga ikut dilibatkan dalam kegiatan pelatihan hingga pengukuhan. (J02/A01)

Komentar