Pemerintah Kabupaten Kudus Kirim 10 Relawan Dan Bantuan Ke Lombok

Sosial564 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Aksi Sosial Masyarakat Kudus, melalui Pemerintah Kabupaten Kudus yang telah mengumpulkan bantuan dari masyarakat untuk membantu korban bencana Gempa Bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bantuan logistik dan relawan dari BPBD Kabupaten Kudus dikirim ke Lombok untuk membantu korban gempa bumi. Mereka akan membantu proses evakuasi, pendampingan sampai tahap menghilangkan trauma anak-anak dan korban bencana alam tersebut.

Kendaraan yang dipakai tim relawan dan bantuan sumbangan dari masyarakat Kudus (Foto : Aik)

“Ini merupakan bentuk misi kemanusiaan dan tanggung jawab bersama. Bencana di Lombok sangat dahsyat dan membuat sedih bangsa Indonesia. Semua mata tertuju dan ikut berbela sungkawa,” kata Plh Bupati Kudus Sam’ani Intakoris saat melepas tim Relawan yang berangkat ke lombok, Nusa Tenggara Barat, di halaman Pendopo Kabupaten, Senin 20/08/2018.

Sam’ani menambahkan, pemberangkatan relawan sebagai bentuk aksi kemanusiaan. Bencana yang cukup besar sehingga semua elemen harus ikut membantu. Apalagi, selain memporakporandakan Lombok dan Bali, bencana juga merenggut nyawa banyak orang.

“Semua relawan terpanggil. Ini misi kemanusiaan demi kepentingan bersama,” ucapnya.

Ka Lakhar BPBD Kab Kudus, Bergas C Penanggungan menyampaikan, Relawan yang diberangkatkan, sudah terlatih dan dibekali dengan berbagai pelatihan.

Mereka nantinya akan langsung terjun membantu korban bencana tersebut. Mereka juga dibekali dengan bantuan kebutuhan sembako dan bahan yang dibutuhkan.

“Untuk personil, BPBD Kudus mengirimkan 9 relawan dan satu PNS sebagai Kordinator,” kata Bergas. Relawan yang dikirim ke Lombok, merupakan relawan pilihan dan memiliki keahlian di bidangnya, mereka akan membantu di sana selama 10 hari.

Gempa yang melanda daerah Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan kerusakan parah. Sebanyak 100 orang lebih dilaporkan meninggal dunia.

Ka Lakhar BPBD Kudus melaporkan kepada Plh Bupati sebelum pelepasan tim relawan ke Lombok (Foto : Aik)

Gempa yang terjadi sejak 05/08/2018 pukul 18.48 lebih 35 detik itu kekuatan magnitudo 7 Skala Richter. Bahkan, hingga hari ini gempa susulan masih terus terjadi di Lombok.

“Ini merupakan misi kemanusiaan, Kewajiban untuk saling membantu dan menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Tidak hanya relawan yang diberangkatkan ke Lombok, Pemerintah Kabupaten Kudus juga mengirimkan bantuan donasi sebesar Rp. 62.981.000, hasil dari sumbangan masyarakat Kudus. (J02 /A01)

Komentar