Pembukaan UKM Cullinary Festival Sekaligus Penyerahan Rekor Muri Untuk Jawa Tengah

Event472 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Semarang – Gelaran UKM Cullinary Festival yang digagas Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah memdapat rekor Muri dengan kategori peserta food truck terbanyak di Indonesia. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu mencapai 50 food truck dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Malang, Lampung, Surabaya, Tulungagung dan lainnya.

Rekor muri yang ke 8.411 diserahkan Manager Muri Sri Hidayati kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP, saat pembukaan UKM Cullinary Festival di Kawasan Kota Lama Semarang, Jumat malam, 20/04/2018.  Prestasi tersebut merupakan penghargaan Muri ke-25 yang diraih Provinsi Jawa Tengah sejak kepemimpinan Gubernur Mardiyanto.

Sri Puryono mengatakan event-event seperti ini harus menjadi acara tahunan di kota lama agar lebih dikenal dunia. Apalagi kepariwisataan memiliki potensi sangat besar untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Selain itu juga bisa memperkenalkan kuliner khas Jawa Tengah kepada masyarakat dan khalayak ramai.

“Event-event seperti ini harus dilakukan. Jangan sampai Kota Lama yang sudah kita rehab seperti ini mati. Saya sudah perintahkan kepada Kepala Dinas Koperasi UKM, ini menjadi event tahunan, setiap HUT Kota Semarang, (acara) ini harus ada,” katanya.

Ditambahkan, Kota Semarang nantinya akan semakin ramai setelah terminal Bandara Internasional Ahmad Yanie selesai dibangun pada Mei mendatang, ditambah dengan selesainya jalan tol trans Jawa. Untuk itu, promosi-promosi dan branding untuk memperkenalkan Kota Semarang kepada dunia harus terus dilakukan, salah satunya dengan festival kuliner karena Jawa Tengah memiliki banyak makanan khas.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan festival itu memang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, produksi makanan di Indonesia sangat banyak dan bervariasi, terutama di Semarang. Festival tersebut sekaligus menjadi persembahan Pemprov Jawa Tengah untuk HUT ke-471 Kota Semarang.

“Pas hari jadi Pemprov, kami berharap Pak Wali Kota bisa menyurati seluruh mal di Kota Semarang ini untuk memberikan diskon. Jadi barternya begitu,” ujarnya.

Sejumlah agenda juga diselenggarakan untuk meramaikan kegiatan UKM Culinary Festival yang digelar selama tiga hari mulai 20-22 April 2018. Di antaranya, pameran UKM, diorama dan miniatur, talkshow, konser musik, lomba akustik, lomba fotografi dan lain sebagainya. Selain itu ada pula atraksi memasak dari Chef Juna pada Sabtu, 21/04/2018. (J02 /A01)

Komentar