Jamaah Masjid An-Nnur Gelar Pengobatan Gratis

Sosial276 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Kudus  — Pemandangan Masjid An-Nnur di jln Cut nya’ Dien Kelurahan Mlati Kidul Kudus,  memang beda dari biasanya. Di serambi masjid digelar pemeriksaan kesehatan dan pijit refleksi eletrik gratis. Pemeriksaan gratis dilaksanakan dalam rangka solidaritas Jamaah masjid An Nur dan Pengurua Ranting Muhamdiyah Mlati Kidul.

Selepas pelaksanaan shalat Dzuhur, sejumlah perlengkapan layaknya yang ada di klinik-klinik kesehatan tampak telah menghiasi serambi. Mulai dari peralatan tensi, meja pemeriksaan sampai alat tes asam urat, gula darah dan kolesterol  telah tersedia, lengkap dengan petugas-petugasnya.

Dua orang dokter yang memeriksa didatangkan dari relasi Ketua PRM mlati yang kebetulan teman SMA nnya dulu. Selain itu, dari tim medis PRM (ahmad Firdaus) mengirimkan alat alat eletrik pijit refleksi.

Melihat itu, puluhan jammaah masjid dilingkungan sekitarpun langsung mendatangi aula masjid untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Bahkan, barisan warga yang sebagian besar  diatas usia 40 tahun tersebut sudah mulai mengantri sebelum pemeriksaan resmi dilaksanakan.

Ahmad Firdaus selaku ketua PRM Mlati Kidul dan sekaligus inisiator kegiatan pemeriksaan kesehtan ini mengatakan, “ini merupakan  kegiatan murni sosial masjid Annur yang dilaksanakan secara khusus”. Ada cek kesehatan, makan bersama, dan temu shilaturahin sesama  jamaah masjid”.

“Apalagi, kesehatan merupakan harta yang sangat berharga, terutama bagi jamaah masjid An nur,” kata Firdaus kepada Jurnal Pantura,  Ahad siang 17/12/2017.

Sementara itu, H Anang Farid  juga salah satu inisiator acara bakti kesehatan ini mngatakan ” misi utama kegiatan pemeriksaan kesehatan ini adalah, dalam rangka menyambung ukuwah tali shilaturahim antar jamaah masjid An Nuur,  memberikan wawasan bahwa masjid bukan hanya sekdar utuk ibadah mahdhoh saja, namun masjid adalah central aktiviti apapun, termasuk cek kesehtan” terangnya.

Setelah ini,  “Insya Allah antah 3 atau 5 bulan sekali akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin” ungkap  Sumarjo ketua takmir masjid An Nur,
Kedepan akan ada ide-ide segar lagi guna memakmurkan masjid An Nur misalnya dari sisi ekonomi ataupun koperasi, tambahnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan kali ini, ia menerangkan, yang mengikuti tidak kurang dari 60 orang, animo jamaah untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis sangat banyak, bahkan yang daftar sampai overload.

Senada, salah satu pengurus Masjid An Nuur,  Darwanto, mengaku senang adanya pemeriksaan gratis tersebut. Ia berharap, pemeriksaan kesehatan ini dapat diikuti masyarakat yg lebih banyak lagi, sehingga manfaatnya dapat benar-benar dirasakan.
“Semoga banyak masyarakat yang mendapatkan manfaatnya,” ujar Darwanto. (Mad/J02)

Komentar