HUT Akademi Militer Ke 60, Ribuan Goweser Ikuti Fun Bike

Uncategorized109 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Sejak pagi, kawasan Akademi Militer (Akmil) sudah dipenuhi goweser. Tidak hanya ratusan, tapi belasan ribu. Mereka datang dari berbagai daerah Jawa Tengah untuk mengikuti Fun Bike dalam memeriahkan HUT ke-60 Akmil. 

Salah satu goweser yang bersemangat mengikuti kegiatan tersebut adalah Gagarin. Laki-laki yang berprofesi sebagai guru olahraga itu mengayuh pedalnya dari rumahnya di Patean Kendal, menuju Akmil. Dia juga akan kembali mengayuh pedalnya ketika pulang. Cukup 3,5 jam baginya untuk menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer.
“Ini sekaligus untuk melatih fisik saya,” ujarnya usai mengikuti gowes, Minggu 29/10/2017  di Lapangan Sapta Marga.
Pada event itu, Akmil membagi menjadi dua kategori rute. Yakni, rute funbikesepanjang 14 km dan rute adventuresepanjang 22,35 km. Untuk rute funbike, para peserta mengayuh sepedanya menyusuri rute Jalan Salaman, Jalan Mertoyudan Bandongan, Jalan P Diponegoro, Jalan Kapten Yahya, belok ke Jalan Pahlawan, dan berakhir di Stadion Saptamarga Akmil.
Sementara untuk rute adventure, goweser bergerak dari gerbang Akmil menuju Jalan Sultan Agung, Jembatan Progo, Balai Desa Banyuwangi, Jalan Bandongan-Magelang, tanjakan irigasi Kalibening, dan Jalan Kapten Yahya. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Duku, Jalan Semarang – Magelang, Jalan A Yani, Tugu Adipura, Jalan Gatot Subroto GOR Soeroto, dan finish di pintu utara Stadion Sapta Marga.
Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP dan istri Hj Atikoh Ganjar Pranowo memilih rute adventure yang lebih menantang. Didampingi Gubernur Akpol dan Wakapolda Jateng Brigjen Pol Indrajit, Ganjar dan istri sangat menikmati rute berupa tanjakan dan turunan yang ditetapkan panitia. Mereka mengayuh selama kurang lebih 1,5 jam.
Setelah beristirahat sejenak, orang nomor satu di Jawa Tengah itu didaulat untuk mengambil undian. Peserta bernama Agus, warga Bandongan Magelang beruntung mendapatkan satu unit motor. Agus yang sehari-harinya bekerja membantu ibunya di warung makan belut itu pun merasa bahagia. Apalagi, dia belum memiliki motor.
Selain Agus, sembilan warga lain juga beruntung mendapatkan motor. Bagi peserta yang beruntung mendapatkan motor, Gubernur Ganjar mengingatkan agar selalu mengenakan helm saat bepergian.(J02) 

Komentar