Dua Paslon Gubernur Jawa Tengah Ikrar Damai

Event354 Dilihat
Jurnalpantura.Com Kudus – Dua pasangan calon gubernur H Ganjar Pranowo SH MIP-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziah, Ahad 18/02/2018 pagi memenuhi undangan KPU Jateng untuk melaksanakan Deklarasi Kampanye Damai di halaman Kantor KPU. Kegiatan itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.
Dua pasangan calon tersebut tampak akrab saat senam bersama, dan berbincang di meja makan, sebelum acara dimulai. Sesekali tampak di antara mereka tertawa. Apalagi, ketika mereka didaulat membawakan lagu berjudul “Kemesraan” yang kerap dinyanyikan oleh Iwan Fals. Mereka dengan kompak membawakannya. Tak terlihat adanya persaingan di antara kedua pasangan calon tersebut.
Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo menuturkan, kegiatan Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan secara serentak di Indonesia, sebagai sarana untuk berbagi tugas, antara pihak penyelenggara KPU, pasangan calon, tim pendukung, maupun masyarakat. Bagaimana pun Pilkada damai tak akan bisa terwujud tanpa komitmen semua pihak untuk saling menjaga diri.
“Kegiatan deklarasi kampanye ini dimaksudkan untuk berbagi tugas. Para pasangan calon beserta tim pendukungnya, kami mohon dengan hormat, untuk saling membuka hati, saling berpegang tangan untuk menjaga ketertiban, persaudaraan dan persatuan,” tuturnya.
Dengan begitu, lanjut Joko, pihaknya sebagai penyelenggara pemilu bisa konsentrasi penuh untuk memberikan pelayanan kepada pemilih dalam rangka menggunakan hak pilihnya. Untuk itu, dia mengajak seluruh stakeholder pemilu untuk menjaga Pilgub Jateng 2018 yang aman dan  damai.
Senada disampaikan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sri Sumanta. Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan KPU selaras dengan kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu pada 14 Februari lalu. Saat itu, para pasangan calon membawakan puisi yang berisi pesan perdamaian.
“Kegiatan yang diselenggarakan hampir sama, yang dihadiri dua pasangan calon gubernur, yang disana juga sama-sama melaksanakan puisi cintanya, puisi damainya untuk Pilgub Jateng,” kata dia.
Sri berharap, kegiatan yang diselenggarakan di Pelataran Candi Borobudur beberapa waktu lalu, bisa mengadopsi filosofi lokasi yang menjadi tempat penyelenggaraan Apel Pengawas Pemilu dan Launching Pengawasan.
“Candi Borobudur merupakan kebanggaan bangsa dan dunia. Di sana ada landasan, pondasi kokoh, merupakan salah satu peradaban bangsa Indonesia yang menunjukkan kerukunan dan gotong royong. Jadi kami harapkan melalui acara ini, semua elemen, baik tim kampanye dan pendukung betul-betul menjaga toleransi, jangan sampai ada black campaign, isu SARA. Betul-betul kita jaga kedamaian, kerukunan di antara kita. Siapapun nanti yang terpilih adalah pemimpin kita bersama,” ajaknya.
Setelah ajakan itu, para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur kemudian melakukan deklarasi kampanye damai. Deklarasi  dipandu Ketua KPU Jateng yang diikuti pasangan calon secara bersama-sama.
Berikut adalah isi deklarasi tersebut.
“Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahub 2018
Kami calon gubernur dan wakil gubernur peserta pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 beserta tim kampanye dan para pendukung, dengan semangat persatuan dan persaudaraan berjanji kepada masyarakat Provinsi Jawa Tengah bahwa kami :
1. Siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
2. Siap melaksanakan kampanye pemilihan tahun 2018 yang damai, demokrasi dan mengedukasi masyarakat dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih.
3. Siap melaksanakan kampanye pemilihan tahun 2018 tanpa hoax, politisi SARA dan politik uang.
4. Tunduk dan patuh terhadap perudang-undangan yang berlaku.”
Setelah melaksanakan deklarasi, mereka melepaskan burung merpati yang menjadi lambang perdamaian. Acara dilanjutkan dengan konvoi dengan kendaraan hias, untuk mengenalkan pasangan calon kepada masyarakat. Tak hanya pasangan calon, sejumlah tim kampanye dan pendukung ikut berkonvoi di sepanjang Jalan Veteran, Jalan Dr Soetomo, Kawasan Tugu Muda, Jalan Pandanaran, Kawasan Simpanglima, Jalan Pahlawan, dan kembali ke halaman Kantor KPU Jateng. (J02 /A01) 

Komentar