Dinas PKPLH Secara Serentak Gerebeg Sungai

Lingkungan128 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Puluhan anggota TNI dan Polri serta Dinas PKPLH secara serentak bergotong royong membersihkan sampah dan rumput yang ada di di sepanjang Sungai Kaligelis.

Kegiatan yang diberi nama Gerebeg Sungai ini merupakan kerja sama Dinas PKPLH Kabupaten Kudus bersama Polres Kudus, Kodim 0722 dan Dinas terkait seperti Pada, gerebeg sungai ini dilaksanakan di tiga tempat berbeda, yaitu Jembatan Kaligelis Turut Desa Demaan, Jembatan Kaligelis Tegalarum dan Jembatan Kaligelis Desa Ploso kecamatan Jati.

Gerebeg Sungai ini dilaksanakan untuk merealisasi program TBBS, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PKPLH Agung Karyanto melalui Kabid Pengembangan Pembinaan Kapasitas Lingkungan Hidup, Indriatmoko saat ditemui di lokasi gerebeg sungai di Jembatan Kaligelis Jln Sunan Kudus.

“Jadi, pada hari ini kita secara bergotong royong membersihkan sampah, baik yang ada di sungai maupun daratan di sepanjang tepian Sungai Gelis” terangnya.

Melalui kegiatan ini pula, bertujuan mengubah perilaku masyarakat supaya tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat sampah. “Insya Allah, kegiatan ini akan menjadi semangat dan pemicu perubahan perilaku kita masyarakat Kudus dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tambah Indriatmoko.

Personil TNI dan Polri saat bergotong royong membersihkan bantaran sungai Kaligelis (Foto : Aik)

Sedangkan Danramil Kota Kapten Inf Heru Cahyono menyampaikan, sudah menjadi tanggung jawab dan tugas TNI untuk membantu tugas Pemerintah Daerah dalam hal ini DPPKLH menjaga kebersihan.

“kerja bakti ininsekaligus memberikan contoh kepada masyarakat, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.”Tambah Heru Cahyono. (J02/A01)

Komentar