Dilengkapi Spot Eduwisata Kelinci, Pasar Tiban Duit Batok Semakin Semarak

Wisata362 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Kudus – Pasar Tiban Duit Bathok di Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus sudah ada sejak 4 bulan lalu, yakni mulai beraktivitas bulan Januari 2018 hingga sekarang, guna melengkapi sarana eduwisata maka sejak bulan Maret   lalu di lengkapi dengan taman eduwisata kelinci. Setidaknya ada sekitar lebih dari 30ekor kelinci hias di tempat wisata ini.

Suasana di Pasar Tiban dengan duit bathok ini selain ada Taman Kelinci  juga dilengkapi dengan arena bermain , dan arena belajar, sehingga wisatawan bisa mengajak anak-anak untuk belajar. Area Pasar tiban taman Kelinci ini luasnya sekitar 3000 hingga 4000 meter persegi. Ada fasilitas spot foto, ada fasilitas pendopo arena bermain, ada area taman kebun pisang, kebun mangga, dan sedang di bangun kolam lele, gurami, nila untuk pemancingan, selain itu juga ada kebun lavender tanaman pengusir nyamuk dan sedang di tanami  tanaman bunga mstahari.

Wisatawan juga bisa berfoto dengan kelinci. Tetapi saat siang hari, kelinci ini lebih banyak bersembunyi di kandang. Tidak perlu khawatir, ada penjaga kelinci yang bisa membantu pengunjung untuk mendekatkn ke  kelinci. Tak hanya itu, kelinci di sini sudah diberi vaksin. Jika ada kelinci yang sakit, maka segera disendirikan di tempat karantina.

Tak hanya spot selfie di kandang kelinci ini, tempat ini juga sedang di rancang untuk menyajikan beberapa lokasi yang sangat indah dan keren. Misalnya, taman kebun surga dengan aneka tanaman buah surga seperti tanamn buah tin, kurma, buah zaytun, delima, snggur dan pisang, wisata Edukasi pasar tiban dengan nuansa Rabbit Field ini juga kedepan akn menyajikan rerumputan dan berbagai macam bunga yang warna-warni, serta beberapa penataan lainnya hingga berhasil menarik para wisatawan.

Rute untuk bisa menuju kesana pun sangat mudah sekali untuk diakses. Wisatawan hanya tinggal mengikuti jalur menuju Wisata Ke Colo Gunung Muria, dan dekat akses jalan Raya hanya 20 meter dari jalan raya Kudus – Colo Muria.

Saat ini area wisata tersebut masih dalam tahap promosi jadi tiket masuk untuk anak-anak usia 1 tahun hingga 4 tidak dipungut biaya alias gratis,  sedangkan untuk dewasa tiket masuk Rp 10.000 dan diganti dengan 2 koin bathok seharga Rp 5000 per koin, itupun di lokasi pasar tiban bisa dibuat belanja sepuasnya.  Jam buka Pasar Tiban duit bathok untuk saat ini  muali pukul 07.00 hingga pukul 12.00 WIB. Dan di buka sementara hanya untuk hari Ahad, jumlah wisatawan yang berkunjung di pasar tiban dengan eduwisata taman Kelinci bisa mencapai 300 orang.

 Seperti hari Ahad ini, 06/05/2018 , puluhan rombongan siswa siswi TK Insan Cendikia dari Tahunan Jepara, melaksanakan kegiatan eduwisata di pasar tiban duit bathok tersebut, mereka cukup senang karena ada kegiatan edukasi dan ada kegiatan wisata selfi di taman kelinci.

Edukasi yg di berikan oleh pengurus pasar tiban selain praktek cara membatik juga anak anak dikenalkan dan diterangakan tentang cara memelihara  kelinci yang baik dan benar, anak anak sangat antusias karena mereka penasaran “bu kelinci yang besar sebesar manusia yang mana” ungkap Dafa salah satu siswa dengan nada penasaran.

Lalu pemandu menjelaskan ” kelinci yang besar sebesar manusia itu lo dik yg di gambar” ungkap Bambang pamandu wisata kelinci.

Akhirnya anak anak paham dan  semangat serta langsung selfie ria dengan kelinci yang gede tersebut. (J02 /A01)

Komentar