Cegah Sedini Mungkin Penyalahgunaan Narkoba, Pemdes Bacin Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Masyarakat Bacin

Event434 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Kudus – Guna mencegah dan menangkal peredaran narkoba pada masyarakat, Pemerintah Desa Bacin Kecamatan Bae Kabupaten Kudus bekerjasama dengan Kepolisian mengadakan Sosialisasi Bahaya Narkoba Di Balai Desa Bacin, Jumat 22/12/2017.

Sosialisasi Bahaya Narkoba ini dengan mendatangkan narasumber dari pihak Polres Kudus Dalam hal ini diwakili oleh Kasat Narkoba Akp Sukadi SH.MH dan Kepala UPT Puskesmas Dersalam Dr Hadi Sunarto.

Kepala Desa Bacin Tri Elis Susilowati menyampaikan, Indonesia sekarang dinyatakan sebagi darurat narkoba untuk itu mari kita perangi narkoba ini dengan cara memberikan sosialisasi kepada saudara kita dampak dari pengguna narkoba.

“Sosialisasi bertujuan agar  kita semua dapat paham dan mengerti serta nantinya dapat disampaikan kepada keluarga dan warga supaya warga Desa Bacin bisa bebas dari Narkoba ” tambahnya.

Dr Hadi Sunarto Kepala Upt Puskesmas Dersalam menjelaskan tentang bahaya narkoba karena Narkoba adalah suatu obat sintetis yang dapat meningkatkan kesadaran dan dapat menghilangkan nyeri dan dapat mengakibatkan ketergantungan pada penggunanya.

Golongan psikotropika dapat menurunkan aktifitas atau merangsang susunan sayaraf pusat dan dapat menimbulkan kelainan prilaku bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Sedangkan ekstesi (XTC) adalah suatu obat bius yang dibuat secara ilegal dalam bentuk tablet yang di gunakan untuk pengobatan pasien.

Kokain merupakan bubuk kristal putih yang di dapat dari ektrasi serta isolasi daun cola sedangakan efek dari pasikologi adalah darah tinggi, susah tidur dan halusinasi yang tinggi dan menimbulkan penyakit struk.

” Efek dari narkoba orang menjadi malas, sering berhalusinasi,rasa senang yang berlebihan sehingga akan membahayakan bagi penggunanya dan secara ekonomi akan berdampak bagi penggunanya serta melemahkan sendi generasi Muda ” jelasnya.

Kejahatan Narkoba harus menjadi perhatian dan kita harus menyatakan perang terhadap penjahat narkoba, tambah Kasat Narkoba Polres Kudus.Walaupun peredaran narkoba di Kudus relatif kecil dibanding dengan Kabupaten sekitarnya, kita tetap harus waspada dan mencegah sedini mungkin peredaran dan penyalah gunaan nya. (J02)

Komentar