Bupati Rembang Buka Pelatihan SID

Uncategorized53 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Rembang  – Desa harus memiliki data base yang valid tentang potensi desanya. Dan data tersebut bisa disajikan ke dalam Sistem Informasi Desa (SID). Hal itu disampaikan Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat membuka acara pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) di Hotel Fave, senin 11/09/2017. Data tersebut tentu harus bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, mulai dari data jumlah penduduk, luas wilayah dan lain sebagainya.

Data yang valid sangat dibutuhkan terutama saat event- event pemilihan kepala daerah. Mulai Pilgub, Pileg, Pilpres dan Pilkades, jika datanya amburadul maka event pilkadanya juga berpotensi amburadul.

Sistem Informasi desa secara eksplisit berperan sebagai akses informasi yang ada didesa. Dan pemerintah wajib mengembangkan sistem tersebut dalam SID yang berisi seluruh data desa yang dapat diakses oleh masyarakat desa dan semua pemangku kepentingan.

“Desa menjadi sasaran banyak program dari banyak kementrian. Berkaitan dengan itu maka harus didukung oleh data base yang valid. Untuk itu para peserta pelatihan harus benar- benar serius dalam mengikuti pelatihan,” ujarnya.

Komentar