Bupati Pati Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha Pada Peringatan Hari Pahlawan

Uncategorized105 Dilihat
JURNALPANTURA.COM, Jakarta – Penghargaan Bagi Kepala Daerah Berprestasi atau Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha zibuk tahun 2017 diberikan Kepada 15 kepala Daerah ya gak tersebar dari berbagai Provinsi.Dalah satu yang memenuhi Eropa penghargaan Saya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha adalah Bupati Pati. 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tcahyo Kuala mewakili Presiden Republik Indonesia pada peringatan hari pahlawan, Jumat 10/11/2017 di Gedung Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara No 7, Jakarta Pusat, Menyerahkan Penghargaan tersebut kepada para Kepala Daerah terpilih. 
Haryanto masuk dalam daftar 15 Kepala Daerah Berprestasi tingkat Nasional yang mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha, dan Parasamnya Purnakarya Nugraha.
“Mereka semua adalah kepala daerah yang berhasil mengemban amanah masyarakat dan daerah yang telah memilih para gubernur, bupati, dan wali kota dan telah konsisten melaksakan apa yang menjadi janji politik saat kampanye dan dapat dibuktikan sehingga walaupun ada yang belum selesai masa jabatan tetapi setidaknya sudah melebihi dari 80 persen program-programnya dilaksanakan dengan baik,” kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam kegiatan tersebut.
Tjahjo mengatakan pemberian penghargaan ini semata-mata untuk memacu kepala daerah lain untuk mengoptimalkan serta melaksanakan program-progran strategis di daerah. Tjahjo mengucapkan selamat, dan ia berharap agar kedepan dapat terus dipertahankan prestasinya guna mempercepat pembangunan dan meningkatjan kesejahteraan rakyat.
“Setidaknya bagi bapak-ibu sekalian yang tahun depan akan maju kembali sebagai calon bupati, wali kota atau maju lebih tinggi menjadi gubernur atau wakil gubernur juga ada bukti yang nyata bahwa saudara telah berhasil membawa masyarakat dan daerah selama ini dengan penghargaan dari bapak presiden,” kata Tjahjo.
Dalam upacara yang berlangsung kurang lebih 1 jam ini, Tjahjo menjadi inspektur upacara sekaligus memberikan penghargaan langsung kepada 15 kepala daerah terpilih.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bupati Pati hadir untuk menerima penghargaan setelah mendapat kiriman  radiogram dari Menteri Dalam Negeri nomor  002.2/7910/33 tanggal 3 November 2017.  Dalam radiogram itu disebutkan bahwa penghargaan ini diberikan  kepada Pemda dan Kepala Daerah berkinerja terbaik hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2015.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-undang No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada penyelenggara pemerintahanan di daerah atas jasa besar atau prestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah
Ditemui usai menerima penghargaan, Bupati menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang diraih Kabupaten Pati kali ini. Keberhasilan yang dicapai dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, menurutnya, diraih dengan cara yang tidak mudah. Berbagai upaya yang dilakukan tidak akan bermakna tanpa dukungan dan kerja sama segenap jajaran Pemerintahan Daerah dan masyarakat Kabupaten Pati.
“Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas keserasian komunikasi yang terjalin selama ini, antara Pemkab dan DPRD, serta kebersamaan warga masyarakat sangat mewarnai jalannya proses pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan di Kabupaten Pati. Mudah-mudahan hasil pembangunan yang telah dicapai dapat merata ke seluruh pelosok wilayah, serta menyentuh dan dapat dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat,”.
Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Pati, Puji Istianto, saat diwawancarai mengatakan bahwa prestasi Kabupaten Pati yang diperoleh dari penilaian Tim Nasional Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) atas pelaporan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) Kabupaten Pati tahun 2015 itu, mengalami kenaikan peringkat secara signifikan tiap tahunnya. Semasa dipimpin oleh Haryanto sejak tahun 2012, Pati berturut- turut menempati peringkat 37, peringkat 33 (tahun 2013), peringkat 17 (tahun 2014) dan kini bertengger di peringkat 10 nasional. “Padahal sebelum dipimpin Bupati Haryanto, pada tahun 2010 Pati sempat terpuruk di peringkat terakhir dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah”, ungkap Puji.
Menurut Kabag Tata Pemerintahan, beberapa aspek yang menjadi penilaian diantaranya pada Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, Informasi Keuangan Daerah, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, serta aspek-aspek lain yakni aspek kebijakan, kelembagaan, dan SDM pada otonomi daerah.(J02) 

Komentar