Bupati Kudus Pimpin kirab Adipura Kencana

Uncategorized153 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Berdasarkan catatan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus,penghargaan Adipura Kencana tahun 2017 yang diterima Kabupaten Kudus ,merupakan satu-satunya penghargaan yang diterima di Jawa tengah.
Dalam sambutannya Bupati Kudus Mustofa Wardoyo “Jangan sampai ketika saya tidak lagi menjabat bupati, Kabupaten Kudus tidak lagi mampu mempertahankan penghargaan ini”
Apalagi, lanjut dia, untuk meraih penghargaan tersebut tidak mudah, karena harus meraih piala adipura secara berturut-turut baru bisa mendapatkan penghargaan Adipura Kencana.
Selain itu, kata dia, kondisi lingkungan yang bersih dan kesehatan di masyarakat harus menjadi prioritas.
Bupati Kudus Musthafa di atas mimbar didampingi Forkompinda dan Pimpinan Ormas, dalam apel dan kirab atas diraihnya Anugerah Piala Adipura Tertinggi, yaitu Piala Adipura Kencana, dihadapan puluhan ribu peserta dan penonton yang membanjiri Alun-alun Simpangtujuh Kudus pagi tadi,  Ahad 06/08/2017.
Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada masyarakat,maka Piala Adipura Kencana diarak keliling agar masyarakat luas bisa menyaksikan.
Dialnjutkan oleh Musthafa, “dalam pengelolaan sampah, kata dia, keterlibatan masyarakat memang penting, karena keberadaan bank sampah bisa menjadi lahan garapan produktif dan bisa menghasilkan produk daur ulang yang memiliki nilai ekonomis,” ujar dia.
Ia menganggap penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak, termasuk masyarakat.
Pada 2016, Kabupaten Kudus juga mendapatkan Piala Adipura Kirana yang fokus penilaiannya pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata, dan investasi yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.
Sebelum ada perubahan kategori, Kabupaten Kudus tercatat sudah lima kali meraih penghargaan serupa, sejak 2009.
Kirab Adipura yang berlangsung di Alun-Alun Kudus, selain disaksikan ribuan warga juga dimeriahkan dengan penampilan drum band dari SMK Wisuda Karya serta penampilan barongsai.
Bahkan, tim barongsai juga berkesempatan langsung naik ke panggung utama untuk turut menyaksikan penyerahan penghargaan Piala Adipura tersebut dari Sekretaris Daerah Kudus Noor Yasin kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus Sumiyatun.Ribuan warga dari berbagai elemen ikut ambil bagian pada acara tersebut.
Kedepannya, kata dia, Kudus harus mampu mempertahankan agar mendapatkan Adipura Kencana secara berkelanjutan.(J02)

Komentar