ABN Nasdem Praktek Kerja Lapangan Di Kudus

pendidikan320 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Mahasiswa Akademi Bela Negara (ABN) NasDem selama dua pekan di Kabupaten Kudus. ABN sendiri adalah lembaga Pendidikan Kader yang didirikan oleh Partai NasDem dan dimulai pertama kali pada 01/07/2017.

Akademi ini dirancang untuk memfasilitasi pendidikan politik kader-kader bangsa agar mampu menjadi agen perubahan yang arif membaca dinamika sosial dalam alam demokrasi,serta bersikap dan bertindak bijak, efektif dan bertanggung jawab. ABN datang ke Kudus dalam rangka praktikum kerja politik di tengah masyarakat. Hal itu dinamakan Program Internship ABN yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kurikulum ABN Partai NasDem.

ABN memiliki kurikulum tersendiri yang berbeda dari program Bela Negara Pemerintah. Kurikulum tersebut mencakup (3) tiga aspek penting yang dibutuhkan kader-kader partai politik, yakni wawasan kepribadian, kepartaian dan kebangsaan. Selanjutnya, secara pedagogis, setiap aspek diramu dan dikelola sedemikian rupa sehingga secara proporsional menjangkau ranah kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiwa.

“Sebab itulah kami mahasiswa yang berjumlah 10 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia selama 2 pekan mengadakan Program Internship sebagai tugas yang diberikan kami,” Ujar Kholilur Rohman, Salah satu mahasiswa ABN seusai diskusi bersama ketua KPU dan tokoh masyarakat di RM.Bambu wulung, Rabu 20/09 9/2017

Diharapkan, nantinya kami memperoleh potret potensi pemilih dan peta potensi daerah yang didasarkan pada analisis yang memadai, dengan cara melakukan proses curah pendapat dengan kelompok masyarakat terpilih berdasarkan peta potensi daerah.

Pada program Internship, diharapkan mampu menjadi aktor perubahan sosial dalam masyarakat.Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi pertumbuhan nilai-nilai dan cara pandang baru terhadap kehidupan.(J02)

Komentar