Uncategorized226 Dilihat
Jurnalpantura.Com, Blora – Apel gelar kesiapan pengamanan malam tahun baru yang dilaksanakan di sebelah utara alun-alun depan pendopo kota Blora, Minggu (31/12/17) dimulai sekira pukul 17.00 WIB tadi. Apel pengamanan dipimpin oleh Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Rizadly bersama Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP serta diikuti oleh seluruh anggota TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan beberapa instansi terkait kurang lebih 300 personil.
Sebelum memberikan arahan Dandim 0721 mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas rahmatnya semua dapat berkumpul untuk melaksanakan Apel gelar pengamanan tahun baru. Dalam arahannya Dandim Letkol Inf. Rizadly mengatakan bahwa, dalam rangka bergabung mengamankan perayaan malam tahun baru, seperti yang di ketahui  bahwa perayaan seperti ini merupakan perayaan rutinitas tahunan, namun demikian di harapkan senantiasa meningkatkan kewaspadaan sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya malam perayaan tahun baru karena dalam perayaan ini sudah barang tentu di ikuti oleh euforia yang berlebihan baik menggunakan kembang api, minum-minuman yang dilakukan kalangan anak-anak muda sehingga sangat rawan terjadinya kriminalitas.
“Saya harapkan seluruh personil yang terlibat pengamanan agar tidak mudah terpancing dan terprovokasi oleh keadaan, otak boleh panas tapi hati harus tetap dingin,” ujar Dandim 0721.
Khusus untuk personel Kodim, diharapkan tetap waspada dan segera melapor apabila terjadi kendala dilapangan serta selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian.
“Kegiatan pengamanan merupakan perintah langsung dari Komando atas, personel Kodim 0721/Blora akan bekerjasama dengan Polres Blora dalam kegiatan pengamanan dibeberapa titik diwilayah Kabupaten Blora,” tambahnya.
Sementara itu Kapolres Blora AKBP Saptono mengungkapkan dalam pengamanan perayaan pergantian malam tahun baru pihaknya telah melaksanakan kesiapan dengan membagi menjadi tiga ring.
Sesuai dengan rencana kegiatan, di ring satu anggota melaksanakan pengamanan di sekitar 6 titik panggung hiburan. Ring kedua anggota patroli seputaran alun-alun dan Jln Pemuda karena di disini akan dilaksanakan car free night. Ring ketiga pengamanan tempat parkir serta di setiap penggal-penggal jalan untuk pengalihan arus lalu lintas.
“Kegiatan malam nanti akan ada 6 lokasi yang menyelenggarakan hiburan yang harus mendapatkan pengamanan dan yang menjadi focus pengamanan adalah nanti malam di Alun-alun Blora dan sepanjang Jln. Pemuda,” ucapnya saat memimpin Apel pengamanan.
Kapolres menekankan kepada anggota untuk melakukan pengamanan dengan santun dan tidak melakukan tindakan arogan, kalau nanti malam ada yang melakukan pelanggaran pihaknya memerintahkan kepada anggota untuk dilakukan tindakan tegas dan profesional.
“Jangan sampai dalam pengamanan nanti ada yang menjadi korban baik itu dari anggota maupun dari masyarakat, kalau ada yang melanggar langsung tindak tegas jangan ada kekerasan,” tuturnya.
Diakhir arahannya, AKBP Saptono mengajak seluruh anggota yang melaksanakan tugas untuk berdo’a meminta perlindungan kelancaran dan keamanan dalam menjalankan tugas.(J02) 

Komentar