3000 Peserta Ikuti Kaskus Kudus Half Marathon

Uncategorized452 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Sebanyak 3000 pelari dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Event KasKus Kudus Half Marathon yang digelar di Alun-alun Kab Kudus, Ahad 24/09/2017.Lomba lari marathon terdiri atas tiga kategori, yakni 5k, 10k, half marathon 21k,dan kids fun run.

Event olahraga yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Kudus itu dimeriahkan pula dengan penampilan Festival Budaya Kostum 34 Provinsi, marching band, barongsai, tari Kretek, dan pameran kuliner khas Kudus. Sebelumnya, masyarakat Kudus kemarin malam sudah disuguhi dengan Festival Karnaval Budaya Kudus yang juga diikuti aktivis Kudus Arts and Fashion Carnival.

Bupati Kudus Mustofa bersama Forkopimda, Chief of Marketing Kaskus Ronny Sugiadha, serta pebulutangkis dunia Lilyana Natsir dan Tontowi Ahmad turut berlari bersama ribuan peserta lomba lari 5K. Tampak pula di antara para pelari yang dilepas dari garis start di Simpang 7 Alun-Alun Kudus pada pukul 05.10 WIB itu beberapa mantan pemain bulutangkis Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum Kudus, seperti Hastomo Arbi, Liem Swie King, Hariyanto Arbi, serta Sigit Budiarto.

Rute lomba lari 5K menyusuri Jl. Sunan Muria, berlanjut ke Jl. Raya Kudus-Colo, berbalik arah menyusuri Jl. Yos Sudarso, lalu kembali ke titik pemberangkatan di Simpang 7 Alun-Alun Kudus melintasi ruas akhir Jl.Kudus Pati.

Sementara itu, rute lomba lari 10K juga menyusuri Jl. Sunan Muria, berlanjut ke Jl. Raya Kudus-Colo, namun tak langsung berbalik arah menyusuri Jl. Yos Sudarso, melainkan berlanjut ke Jl. Lingkar Utara Kudus, dan baru berbalik arah melalui Jl. Kapten Ali Mahmudi sebelum memasuki Jl. Yos Sudarso untuk kembali ke titik pemberangkatan di Simpang 7 Alun-Alun Kudus melalui ruas akhir Jl. Kudus Pati. Peserta lomba lari 21K melintasi rute awal yang sama, namun terus ke utara sehingga baru berbalik arah melalui Jl. Gondang Manis sebelum akhirnya berbelok melintasi Jl.Kudus Pati untuk kembali ke titik pemberangkatan di Simpang 7 Alun-Alun Kudus.

Ribuan peserta lomba, berkesempatan untuk merebutkan hadiah dengan total Rp 84.000.000 dan juga berbagai doorprize menarik seperti sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, TV 40”, dispenser air, headphones, speaker, voucher blibli.com dan goody bag.

Bupati Kudus H Mustofa menyatakan peserta lari marathon bisa berolahraga sambil menikmati keindahan alam yang ada di Kudus. “Kami ingin menawarkan hal yang berbeda pada even yang baru pertama kali digelar di Kudus ini”, ujarnya

Bupati menyampaikan, bahwa di perhelatan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kudus terdapat hal yang istimewa. Sebab, even KKHM, para peserta nantinya bisa menikmati semua potensi wisata dan kuliner yang ada di Kudus.

Bupati menambahkan, ajang KKHM diharapkan dapat mendongkrak promosi pariwisata yang ada di Kudus. Baik wisata religi, wisata alam, bahkan wisata entrepreneur.

“Karena Kudus ini beda. Masyarakatnya memegang filosofi gusjigang, yakni bagus, ngaji, dan dagang sehingga hampir semua masyarakat Kudus mempunyai usaha. Silakan melihat usaha-usaha unik dan kreatif masyarakat Kudus,” jelasnya.(J02)

Komentar