100 Ribu Santri Mlaku Bareng Penuhi Alun-Alun Kudus

Uncategorized213 Dilihat

Ketua DPRD Kudus didampingi para kepala OPD dan forkopinda serta Ketua PCNu memberangkatkan mlaku-mlaku bareng santri di Alun-alun Simpang Tujuh Kabupaten kudus, minggu (29/10) pagi. 

JurnalPantura.com, Kudus,- Mlaku-mlaku Bareng Santri (MMBS) tahun 2017 ini lebih meriah dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan undangan yang disebar, para santri yang ikut mencapai 100 ribu orang. Sehingga lapangan alun-alun simpang tujuh Kudus tenggelam karena dipenuhi para santri, minggu (28/10).
Saiful Anas, Ketua Panitia Hari Santri, mengungkapkan bahwa peserta sudah melebihi target karena selain undangan, MMBS juga diikuti oleh para siswa dibawah lembaga pendidikan NU. Sehingga melebihi seratus ribu orang.
“ Mulanya kami ingin ini bisa masuk ke MURI. Namun karena petugasnya sedang sibuk keliling Indonesia, maka kita akan mengagendakan untuk tahun depan masuk MURI-nya. Kalau di semarang tahun lalu Santri di semarang yang masuk MURI dengan membaca komik bersama. Komik cerita syariah ,” ucap Mawahib dalam sambutanya.
Dia menyampaikan apresiasi terhadap pondok pesantren dan madrasah di wilayah Kabupaten Kudus yang ikut mendukung penuh MMBS tahun 2017. Rujuan dari penyelenggaraan MMBS sebagai bagian peringatan hari Santri Nasional adalah untuk memupuk nasionalisme santri dalam bingkai kebhinnekaan dan kedaulatan NKRI.
“ Santri Mandiri NKRI hebat, ini sama dengan di Kudus dengan GUSJIGANG-nya. Kalau para santri mandiri dan kaya tentu semua kegiatan akan semakin lancar dan baik. Sehingga tidak tergantung dengan orang lain ,” lanjutnya.
Ketua DPRD Kudus, Masan bersama Kapolres Kudus AKPP Agusman Gurning dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Kudus. 
Sayangnya, Bupati Kudus H. Musthofa yang direncanakan hadir untuk memberangkatkan start MMBS berhalangan hadir dan diwakili asisten Setda, Budi Rahmat. Sedangkan pemegang bendera start oleh Masan, Ketua DPRD Kudus.  
Sementara itu, rute MMBS yaitu dari Alun-alun Simpang 7 Kudus ke selatan melewati Jl. A. Yani, lampu merah utara Kudus Plaza (Matahari) ke barat, lalu menuju Jl. Wachid Hasyim, sampai di lampu merah Pekojan ke timur dan finish kembali di Alun-alun Simpang 7.

Dalam kegiatan MMBS ini, panitia menyiapkan berbagai door prize yang menarik. Antara lain 1 unit sepeda motor, 5 buah sepeda gunung, 1 buah mesin cuci, 2 kompor gas. 3 buah setrika, 1 buah kultas, dan 2 buah pesawat televisi. (J09)

Komentar